Oktober 01, 2010

Tips Membeli Barang Second atau Bekas


Barang Second?? Tak Masalah!

Seiring pertumbuhan industrinya, bursa barang sepeda seken pun makin marak. Baik di jalur konvensional antara pedagang dan pembeli yang terjadi di lapak atau toko, maupun antar pemakai yang biasanya diwadahi di dunia maya, melalui forum-forum atau milis tentang sepeda.

Sebelum membeli sepeda atau komponen ada baiknya membuat checklist tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Yang palingpertama diperhatikan antara lain adalah perbandingan harga barang baru dan bekas. Atau ketika komponen bekas dari pemakai pribadi masih dibebani ongkos kirim. Dua hal ini bisa jadi akan membuat komponen justru akan menjadi semakin mahal.

Nah buat temen-temen semua saya ada tips membeli barang seken yang dikutip dari majalah ridebike edisi #5 Mei-Juni’10.

FRAME/FRAMESET
Baru       : frame, headset, seatclampt
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         orisinil warna frame,
·         lecet pada frame,
·         sambungan tubing frame,
·         linkcage pada frame fullsus,
·         drop-out frame,
·         tahun pembuatan.
Cara pengujian :
·         Secara kasat mata frame akan terlihat kondisinya,
·         Meraba bagian sambungan frame, hati-hati kondisi retak rambut pada frame



FORK DAN REARSHOCK
Baru       : coil system, manual book, air system, pompa, manual book
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Keras empuknya suspensi
·         Fitur suspensi meliputi rebound, adjuster travel, kunci
·         Lecet pada body dan stancion fork
Cara pengujian :
·         Untuk air system pengujian menggunakan pompa shock dengan mengukur tekanan angin ideal, suspensi akan kehilangan angin apabila ada kebocoran.





 

 REM 
Baru       : brakelever dan v-brake, hydrolic system, rotor, adaptor
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Ketebalan brake-pad
Cara pengujian :
·         Menekan brakelever, dalam kondisi baik jarak brake lever tidak memerlukan jarak ketika pengereman




SHIFTER
Baru       : shifter, kawat shifter
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Bleeding oil untuk hydrolic
·         Panjang kabel untuk hidrolic
·         Tipis tebalnya rotor
·         Tahun pembuatan
·         Fungsi type shiftingnya (triger, grifshift)
Cara pengujian :
·         Secara kasat mata rotor yang tipis akan terlihat
·         Dalam kondisi terpasang rotor yang rusak akan bergesekan dengan rem
·         Dengan kabel shifter terpasang akan terasa tarik ulur kabel ketika knop shifter ditekan

 FRONT DERAILLEUR
Baru       : front derailleur (FD)
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         System tarik atas-bawah FD
Cara pengujian :
·         Secara kasat mata pulley RD yang rusak akan terlihat






REAR DERAILLEUR
Baru       :  rear derailleur (RD)
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         System RD (shadow dan standard)
·         Panjang pendek RD
·         Pulley atau roda gerigi rantai
·         Rentang maksimal RD
Cara pengujian :
·         Tarik RD pada kondisi rentang maksimal, bila tidak kembali pada posisi semula RD rusak




 CRANK
Baru       : crank, bottom bracket
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Linkar draat pedal
·         Bottom bracket
Cara pengujian :
·         Pasang pedal, bila ada draat yang aus karena gesekan pedal akan kendur
·         Kondisi terpasang pada frame, bottom bracket yang rusak akan oblak pada bagian as atau bearing.


WHEELSET
Baru       : rims, nipel dan jari-jari, hub/freehub, quickrealease/axle
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Lingkar rims dan kondisi cat
·         Panjang-pendek jari-jari, draat nipel
·         Kondisi bearing hub/freehub, lubang jari-jari
·         Tuas quickrealease, draat axle
Cara pengujian :
·         Akan ada kebocoran ban untuk rims tubless
·         Nipel dan jari-jari yang karat akan terlihat
·         Dengan memutar wheelset hub/freehub akan berputar dalam waktu yang cukup lama dan berjalan dengan lancar




BAN
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Kontur profil ban
·         Sisi kiri dan kanan badan ban
·         Kevlar/kawat
Cara pengujian :
·         Ban dlam kondisi terpasang dengan tekanan angin maksimal
·         Getas dan kaku karena umur karet ban
 




SADEL
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Rel sadel, lapisan kulit
Cara pengujian :
·         Terlihat kasat mata akan terlihat bila ada kerusakan









SEATPOST
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Ukuran diameter seatpost, panjang seatpost, baut-baut

 HANDLEBAR
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Panjang handlebar, diameter stem



PEDAL
Baru       : pedal, pin pedal (untuk flat pedal)
Kondisi yang harus diperhatikan                :
·         Baut-baut, diameter handlebar
·         Kondisi bearing, draat pedal dan as pedal
Cara pengujian :
·         Pada kondisi terpasang bila ada draat pedal rusak akan kendur
·         Macet karena bearing rusak





Sumber : majalah ridebike #5 Mei-Juni’10









Tidak ada komentar:

Posting Komentar